Tips Shoot Video Cinematic Seperti Chandaliow

Halo, sahabat - sahabat blogger, kali ini saya ingin berbagi tips buat kalian tentang Bagaimana sih membuat video Cinematic yang benar seperti di film - film. Seperti yang kita ketahui Youtuber yang terkenal Video Cinematicnya di Indonesia yaitu Chandraliaow (Time2One). Tanpa basa - basi lagi, mari langsung kita bahas.

Apa Yang Harus Di perhatikan Untuk Membuat Video Cinematic ?

1. Kamera

Hal utama yang harus dimiliki ialah Kamera. Mengapa? kalaw tidak ada kamera kan kita mau merekam pakai apa ? menggunakan webcam kan engga mungkin, hehehe. Setelah itu, kamu juga harus memperhatikan iso. Silahkan kalian atur - atur iso nya mau berapa? yang pastinya sesuai kan iso dengan keadaan di sekitar kalian.

2. Angle - angle ( Sudut pandang)

Nah yang paling harus diperhatikan, shot cinematic memerlukan angle - angle yang bagus.  Jika kalian bisa menentukan angle, pasti hasilnya pun akan terlihat maksimal.

3. Objek
Sumber: Liputan6.com
Menentukan objek gambar biar video lebih terlihat cinematic style. Yang kalian shoot yaitu objeknya, terus bagaimana kalaw ada yang menganggu objek kita ? Kalian dapat mengatur titik fokus pada kamera.

4. Petahankan stabilitas kamera



Video yang saat shoot nya bergoyang menjadi masalah saat pembuatan video cinematic ini. Caranya kalian dapat menggunakan stabilizer lazypod, gorilapod, tripod.

Tetapi jika kalian shoot video secara mendadak dan tidak membawa stabilize, kalian dapat mengambil gambar dengan cara tangan dan tubuh ikut bergerak mengikuti arah objek tersebut.

5. Gunakan Lensa
Sumber: Teknorus.com



Apabila kalian menggunakan hp pasti membutuhkan lensa karena apabila kita melakukan zoom langsung di hp hasilnya akan terlihat buruk. Lensa yang dapat kalian gunakan yaitu lensa micro, wide, dan tele.

6. Microphone
Sumber: Tabloidmusik.com

Sound juga sangat memengaruhi walaupun di video kita nantinya diberi backsound. Cara termudah yang dapat kalian lakukan dengan membeli microphone agar suara objek kalian terlihat jelas.

7. Pencahayaan

Karena mengatur iso saja tidak cukup untuk mengatur pencahayaan di tempat yang sangat gelap, kita membutuhkan lighting baik itu outdoor ataupun indoor. Dengan begitu cahaya yang ditimbulkan sesuai dengan keinginan kamu.

8. Editing



Tahap terakhir setelah kalian mengshoot video kalian membutuhkan editing karena tidak setiap frame video akan kalian gunakan. Misalkan diantara 15 video yang berdurasi masing - masing nya 7 menit, kalian hanya akan mengambil 20 detik dari setiap video.

Sekian artikel tentang Tips shoot video cinematic, semoga dapat bermanfaat dan apabila ada yang ingin kalian tanyakan bisa kalian cantumkan di kolom komentar dengan senang hati saya akan membalas pertanyaan kalian.

10 Responses to "Tips Shoot Video Cinematic Seperti Chandaliow"

  1. Nice info gan. Klo nanti ane buat vlog, ane akan ngikuti seperti di blog agan

    ReplyDelete
  2. rasanya ingin jadi youtuber hahahah nice info

    ReplyDelete
  3. Baru tau gitu caranya ngambil gambar video, ngebantu banget nih artikel

    http://referensi-baru.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Tipe smartphonenya udah sama kayak punya ane tuch...
    Kira-kira berapa ya harga lensanya...

    ReplyDelete
  5. Wah tips anglenya bermanfaat nih, lumayan ilmu :D

    ReplyDelete
  6. Pencahayaaan sering banget saya lupain.. ehh ternyata itu juga berperan penting hehe

    ReplyDelete
  7. Pencahayaaan sering banget saya lupain.. ehh ternyata itu juga berperan penting hehe

    ReplyDelete
  8. Tipsnya mantap banget gan

    ReplyDelete