Cara Menghindari Copyright Strike Pada Channel Youtube

Bagaimana cara nya untuk menghidari copyright youtube ? Dalam membuat konten video Youtube, kita tentu membutuhkan software editing tentu kita juga harus memiliki video dan audio yang bagus agar banyak ditonton oleh semua orang. Namun banyak sekali orang yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video dan audio yang memiliki hak cipta (tanpa izin) sehingga dapat menimbulkan channel kamu menjadi terbanned.
Sebelum kita lanjut, mari pahami terlebih dahulu Apa itu Youtube Copyright strike ?



YouTube Copyright Strike adalah Kondisi dimana video yang kamu upload berkaitan dengan konten milik orang lain. Copyright ini sangat tidak dizinkan oleh pemilik hak cipta. Youtube sangatlah ketat dalam menjaga video yang diupload  merupakan konten original atau konten video yang memiliki izin resmi dari pemilik aslinya. Pelanggaran terjadi karena menggunakan lagu ber hak cipta dan video reupload milik orang lain.

Cara Menghindari Copyright Pada Channel Youtube:


1.  Jangan reupload video yang bukan milik sendiri

Janganlah melakukan reupload video milik oranglain. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan tidak seluruh bagian konten, hanya sebagian kecil saja. Dalam penggunaan video berhak cipta diizinkan oleh Youtube selama masih batas wajar.

2. Menggunakan audio yang bukan copyright

Jika kamu hendak menambahkan audio secara gratis, maka kamu dapat menggunakan audio yang telah tersedia pada library. Nih, saya berikan  beberapa contoh audio yang sering digunakan  oleh para youtuber terkenal yaitu YouTube Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Son dengan menggunakan audio ini kamu tidak perlu khawatir dengan peringatan copyight.

3. Menggunakan lagu versi remix atau cover

Apabila Kamu ingin menggunak musik dari musisi terkenal yang populer, kamu dapat mencari lagu dengan versi cover. Jika kalian telah menemukan lagu versi cover yang cocok, mintalah izin terlebih dahulu kepada pemiliknya. Biasanya mereka akan cepat merespont tanggapan izin yang telah kamu kirimkan.

4. Gunakan audio dan video berlisensi creative commons

Membutuhkan suatu video dengan tujuan sebagai bahan konten youtube, kamu dapat menggunakan video berlisensi Creative Common.
Nah, Cara mencari video berlisensi Creative Commons ini hanyalah dengan menuliskan keyword yang relevan pada kolom search di Youtube, lalu gunakan filter Creative Common.

Apa Yang Akan Terjadi Jika Tetap Melanggar ?

Semua tergantung dari pelanggaran yang telah dilakukan, Youtube akan memberikan peringatan serta saat terkena strike pertama kali dapat diberikan jangka waktu 6 bulan tidak dapat mengupload video lebih dari 15 menit , kedua kalinya diberikan 12 bulan tidak bisa monotimes video dan yang terakhir terkena banned permanen. Tapi jika kamu memiliki kenalan dari pihak youtube kamu dapat membicaraknnya agar channel kamu tidak jadi di banned permanen.

Sekian yang dapat saya jelaskan mengenai Cara Menghindari Copyright Strike Pada Channel Youtube. Semoga artikel yang saya buat ini dapat memberikan masukkan bagi kamu. Jangan lupa untuk membaca artikel yang lain nya juga ya :).

3 Responses to "Cara Menghindari Copyright Strike Pada Channel Youtube"

  1. wah baru tau aku kalau misalnya menggunakan video cover tidak terkena copyright,

    ada tapinya, harus izin dulu hehe,

    dibandingkan dengan akun official yang punya, mereka mungkin punya algoritma sendiri yang kalau terdeteksi langsung terkena copyright dan tidak disaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sekarang youtube udah semakin update keamanan nya, sampai ke audio juga terdeteksi copyright atau engga nya

      Delete
  2. Penting juga untuk tau cara mendapatkan 1 copyright strike youtube, bisa lihat di https://www.youtube.com/watch?v=EL13_QSbDRE

    ReplyDelete