[TIPS] Membuat Konten Video Musik di Youtube


Salah satu hal yang dapat membuat channel kamu sukses yaitu dengan membuat video berdasarkan hobi, Apalagi jika hobi anda bermain musik? Tentu sangatlah menyenangkan. Banyak orang yang saat ini menganggap membuat konten video musik itu membutuhkan budget yang besar dengan berbagai peralatan musik, software, alat rekam dan sebagainya. Padahal tidak begitu lo teman - teman, kita hanya cukup menggunakan peralatan seadanya, karena suatu video yang bagus itu bukan dari kuantitas melainkan kualitas.Terus, bagaimana caranya untuk membuat konten video musik? Caranya sebenarnya simple saja!

1. Alat musik

Kalian membutuhkan alat musik untuk menciptakan musik, kamu dapat menggunakan Gitar, drum, dll. Jika kalian tidak punya alat musik yang kalian butuhkan kamu dapat meminjam nya ke teman atau bahkan kamu dapat membuat alat musik dari barang-barang disekitar kalian.

2. Alat Rekam

Bagaimana kalian merekam musik? Dengan menggunakan alat perekam musik berupa Audio Interface, ada beragam macam jenis audio interface yaitu: USB Soundcard dan USB AudioInterface/Mixer. Audio Interface ini dapat kalian sambungkan ke PC atau Laptop.


3. Laptop/ PC

Sebelum kalian dapat merekam, mixing, dan lain-lain. Kamu membutuhkan Laptop atau PC, untuk spesifikasi laptop minimal Core I5. Mengapa? Untuk mecengah adanya  ketidak sinkronisasi antara input dan output rekaman.

4. Software Rekaman

Untuk software rekaman, kalian dapat menggunakan software yang gratis ataupun berbayar. Nahhh, software rekaman yang saya rekomendasikan yaitu:
  • Frooty Loop Studio
  • Studio One
  • Cubase
  • Audacity (Simple dan Gratis)

5. Camera

Untuk merekam video kalian membutuhkan camera dari yang paling murah dengan android hingga yang paling mahal DSLR. Perlu diingat!!! Bahwa jangan menghabiskan uang kalian, hanya dengan membeli DSLR yang paling mahal hanya untuk mendapatkan resolusi video yang tinggi itu sangatlah tidak begitu penting, karena dalam konten video musik yang paling diutamakan yaitu Audio.

 
6. MIDI Controller

Apa itu Midi Controller? Midi Controller adalah Sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses control - control seperti: tuts, pad, button, dll. Ini saya sarankan bagi kalian yang suka dengan musik EDM, dengan ini kalian dapat mensinkronkan ke software musik dan kamu dapat berkarya sesuai dengan yang kamu mau.

Terimakasih telah membaca Artikel ini, bila kamu memiliki saran atau pertanyaan silahkan isi di kolom komentar dengan senang hati saya akan membalas pertanyaan kalian.

4 Responses to "[TIPS] Membuat Konten Video Musik di Youtube"

  1. Tips yang bagus wajib dicoba , tapi harus modal ya wkwk

    ReplyDelete
  2. yah aku 1,2,6 belum ada, padahal pengin banget kaya alan walker :V

    ReplyDelete
  3. banyak jugaa keperluannyaa untuk membuat video musik

    ReplyDelete